UT Wisudakan 179 Mahasiswa Tahun 2016

UT Wisudakan 179 Mahasiswa Tahun 2016

88
0
BERBAGI

Ambon,Porosmaluku,com – Universitas Terbuka (UT) Ambon, gelar uapacara penyerahan ijazah unit program belajar jarak jauh (Wisuda), bagi 179 Mahasiswa tahun 2016, di gedung serbaguna Xaverius Ambon, selasa (25/10/2016).

Wisuda mahasiswa UT tahun 2016, berbeda dengan tahun sebelumnya, karena tahun ini, merupakan tahun pertama, dilaksanakan Wisuda di Kota Ambon, dengan mewisudakan mahasiswa dari 10 program studi.

Program studi yang di wisudakan, antara lain S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S1-Pendidikan Guru PAUD, S1-Pendidikan Matematika, S1-Pendidikan Bahasa Inggris, S1-Pendidikan Ekonomi, S1-Manajemen, S1-Akutansi, S1-Ilmu Pemerintahan, S1-Ilmu Administrasi Negara, dan S1-Sastra Inggris Minat Penerjemah.

Pendidikan tinggi telah dipandang sebagai hak dasar, dan bukan lagi sebagai hak istimewa bagi setiap warga negara. Dengan demikian, setiap warga Negara dimanapun berada, memiliki akses dan kesempatan terhadap pendidikan tinggi, ungkap Sekertaris Daerah (Sekda) Maluku, H. Bin Taher, saat membaca sambutan tertulis, Gubernur Maluku, Ir.Said Assagaf

“Keberadaan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT, telah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat mengakses pendidikan tinggi, karena Pendidikan merupakan hak dasar setiap warga negara, sebagai upaya mengembangkan sumber daya manusia berkualitas, sehingga memiliki pengetahuan dan kompetensi serta keunggulan profesional dan idealisme nasional, yang menjadi pondasi dan kunci kemajuan bangsa dan negara,”jelasnya

Lanjutnya, pembangunan sektor pendidikan haruslah menjadi prioritas, dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan melalui penyelenggaraan pendidikan formal, baik pendidikan dasar, menengah maupun tinggi, serta pendidikan informal dan non formal, yang pada akhirnya akan bermuara pada pembentukan pribadi manusia Indonesia yang berpengetahuan, bermoral, berakhlak mulia, serta berbudi pekerti luhur.

“Penyerahan ijazah UPBJJ UT, yang dilakukan hari ini tentunya menjadi bukti konkrit, kiprah nyata dan peran serta para pemangku kepentingan, terutama UT, dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui terbukanya kesempatan bagi masyarakat untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tingginya,”ucapnya

Ia menambahkan, proses penyelenggaraan pendidikan UT, tidak dapat menganggap sepele, karena pengelolaan universitas telah dikelola secara profesional seperti perguruan tinggi lainnya, serta UT juga menerapkan Sistim Kredit Semester (SKS) untuk menetapkan beban studi mahasiswa, dimana dalam sistim pendidikan jarak jauh tersebut, mahasiswa juga harus mengalokasikan waktu yang sama dengan mahasiswa pada perguruan tinggi umumnya, hanya saja kegiatan belajarnya dilakukan secara mandiri, melalui belajar sendiri, belajar berkelompok atau tutorial.

Dengan proses belajar jarak jauh seperti ini, diharapkan para mahasiswa dapat belajar secara mandiri dan efektif, dan memiliki disiplin diri, inisiatif dan motivasi belajar yang tinggi, sehingga dapat menyelesaikan proses pendidikan tingginya.

“Saya berharap penyerahan ijazah lulusan universitas terbuka di saat ini, semakin mengukuhkan keberadaan universitas terbuka sehingga dapat diterima masyarakat sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang kredibel,”ujarnya.

Senada dengan itu, dalam sambutan Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, yang dibacakan oleh Direktur Program Pasca Dra, Sucianti, M.Sc,Ph.D, mengatakan dengan sistem pendidikan jarak jauh, UT berupaya, menjangkau yang tidak terjangkau, oleh sistem pendidikan tinggi yang ada, termasuk warganegara yang tinggal di wilayah perbatasan dan di berbagai pelosok Indonesia. Saat ini lulusan UT mendekati angka 1.5 juta.

“Yang menjadi Harapan bersama adalah bahwa para lulusan tersebut yang bekerja dalam beragam profesi, termasuk wisudawan yang hadir dalam upacara ini, mampu memberi kontribusi nyata dan positif dalam membangun lingkungan dan masyarakat masing-masing,”harapnya. (GL)

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY