TUNTAS Siap Bangun Sektor Pariwisata SBB Berbasis Masyarakat

TUNTAS Siap Bangun Sektor Pariwisata SBB Berbasis Masyarakat

63
0
BERBAGI

Ambon, Porosmaluku,com – Pariwisata di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) merupakan leading sector yang patut mendapat perhatian penuh serta butuh penataan terhadap objek-objek wisata. Mulai dari yang bersifat fisik seperti pembangunan infrastruktur jalan, listrik, air bersih, jaringan telekomunikasi, dan keamanan sehingga nyaman untuk dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan domestik maupun manca Negara. Demikian ungkapan Calon Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Sanadjihitu Tuhuteru, SE (SHT) saat diminta pendapatnya hari ini Usai Perolehan Nomor Urut 3 (Tiga) di Kantor KPU SBB, Piru siang tadi.

Menurut pengusaha muda yang visioner ini juga, hingga saat ini SBB memiliki sekitar 30 lokasi wisata yang tersebar di tujuh kecamatan yaitu Huamual Belakang, Seram Barat, Huamual, Kairatu, Kairatu Barat, Taniwel dan Taniwel Timur. Mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata pantai, dan wisata air terjun. Namun pengelolaannya belum terlihat optimal”

“Salah satu konsep wisata yang dapat diterapkan oleh pasangan TUNTAS dalam memajukan Pariwisata di SBB adalah konsep Wisata Berbasis Masyarakat yaitu wisata yang menitikberatkan pada partisipasi aktif masyarakat lokal”. Tutur SHT lagi

Ia menilai kolaborasi dengan Masyarakat dapat membantu meningkatkan efektivitas pengelolaan kawasan wisata secara bersama dan sinergis dengan semua pihak atas dasar kesepahaman dan kesepakatan bersama

Untuk itu pemberdayaan masyarakat dan pengembangan sosial dan ekonomi akan kami lakukan kepada masyarakat di sekitar objek wisata dan kawasan wisata guna meningkatkan kemampuan masyarakat sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam tahap perencanaan hingga implementasi wisata. Ungkap SHT kepada wartawan

SHT sangat optimis untuk memajukan potensi pariwisata di SBB. “Hal ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal yang berada disekitar kawasan sumberdaya wisata tersebut dan sekaligus akan memberikan manfaat ekonomi bagi pendapatan daerah”.

Hal senada diungkapkan oleh Petrus Isaack Suripatty yang juga Calon Wakil Bupati SBB yang menyatakan bahwa, Jika masyarakat dapat memenuhi kebutuhan ekonominya dari keterlibatan dalam pengelolaan pariwisata maka mereka secara otomatis akan ikut menjaga kelestarian sumberdaya alam, karena terjaganya kelestarian alam merupakan modal utama untuk keberlanjutan wisata, yang artinya terjaminnya kelangsungan pendapatan masyarakat tersebut.

Petrus menilai bahwa Kabupaten SBB letaknya sangat strategis yakni dekat dengan Ibu Kota provinsi bila dibandingkan dengan Kabupaten lainnya di Provinsi Maluku. Hal ini dapat menjadi kemudahan akses bagi wisatawan untuk mengisi waktu luangnya dengan menikmati kesegaran dan keindahan alam di Bumi Saka Mese Nusa.

Sementara Petrus yang juga Rektor Uswin Nabire, menambahkan bahwa obyek wisata dan kawasan wisata di SBB harus mempunyai daya tarik khusus yang mampu untuk menyedot minat dari wisatawan untuk berkunjung ke SBB.

“Sudah saatnya masyarakat harus diberdayakan, masyarakat harus terlibat dalam pembangunan. Untuk itu memberikan pelatihan kepada masyarakat di sekitar kawasan dalam pengelolaan objek wisata agar siap dalam menerima kunjungan wisatawan, dan yang tak kalah pentingnya adalah promosi pariwisata”.

Harapannya dengan kemajuan pariwisata di SBB dapat memberikan peluang dan akses kepada masyarakat untuk mengembangkan usaha pendukung pariwisata seperti; toko kerajinan, toko cindramata (souvenir), warung makan dan lain-lain agar masyarakat di sekitar kawasan pariwisata memperoleh manfaat ekonomi yang lebih banyak. Ujar Rektor Uswin Nabire

Pasangan TUNTAS yang diusung oleh lima partai besar yaitu Golkar, Gerindra, PKB, PPP, dan PBB, akan membuat perubahan-perubahan serta penataan sumber daya alam dan budaya yang dijadikan daya tarik wisata, objek wisata dan kawasan wisata agar terlihat lebih menarik dan pengeloalaanya lebih profesional sehingga mampu bersaing dengan destinasi-destinasi pariwisata lainnya di Indonesia bahkan di dunia.

Pasangan TUNTAS telah resmi menjadi peserta Pilkada Serentak, SBB 2017 mendatang. Setelah kemarin KPU SBB menetapkan empat pasangan Calon ikut Pilkada SBB 2017. Dan hari ini pula pasangam TUNTAS mendapatkan nomor urut 3, yang mengisyaratkan salam oke TUNTAS, jari kelingking manis dan tengah ngacung serta jari telunjuk dan ibu jari membentuk O. Oleh karena itu, kedepan TUNTAS telah siap dengan segala visi pembangunan untuk melakukan terobosan perubahan disemua sektor untuk kesejahteraan masyarakat di negeri ini. (CAL)

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY