TPS 3R Efektif Mengurangi Sampah dan Sangat Dibutuhkan

TPS 3R Efektif Mengurangi Sampah dan Sangat Dibutuhkan

3
0
SHARE
TPS 3R Efektif Mengurangi Sampah dan Sangat Dibutuhkan

AMBON, POROSMALUKU.COM; Tempat Pembuangan Sampah Reuse Reduce Recycle (TPS 3R) ,dapat efektif mengurangi sampah yang dihasilkan rumah tangga hingga 80 persen.

Guna mengurangi sampah maka TPS 3R di bangun, dengan menggunakan anggaran APBN tahun 2017 senilai 600 juta yang dilakukan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat Lelemuku (KSM Lelemuku ) ,berlokasi di dusun Ama Ory negeri Passo ,kecamatan Baguala ,Kota Ambon.

Rista Maskur Panitia Pelaksana Kegiatan wilayah I Pengembangan Sistim Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PPK WiL I PSPLP) Provinsi Maluku, ketika ditemui di ruang kerjanya (11/12/17) mengatakan ,” TPS 3R dilihat dari jumlahnya maka masih sangat banyak yang kita butuhkan , dengan asumsi setiap TPS3R mengolah sampah rumah tangga sebanyak 400 KK “.

Tersedianya tata cara perencanaan dan pelaksanaan penyelenggaraan TPS 3R berbasis masyarakat di kawasan pemukiman yang meliputi pengelolaan sampah.Sampah dapat dijadikan potensi mendorong perekonomian masyarakat.

Volume sampah kota Ambon sekitar 130 ribu meter kubik ,data dari data Instalasi Pengolahan Sampah Terpadu (IPST) Toisapu medio Nopember 2017.

Sambil menunggu mesin dan peralatan kerja lainnya, TPS 3R dijaga dan nantinya dikelola oleh sembilan anggota KSM Lelemuku ,Diharapkan dalam waktu dekat TPS 3R segera beroperasi.(PM-1).

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY