Tousalwa: Pencaker di Ambon Mencapai 35000 Orang

Tousalwa: Pencaker di Ambon Mencapai 35000 Orang

85
0
BERBAGI

Ambon, Porosmaluku,Com – Kepala Bidang Pemberdayaan pada Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon, Theo Tousalwa mengungkapkan, tercatat hingga saat ini pencari kerja di Kota Ambon telah mencapai 35.000 lebih, ini sesuai dengan data akumulasi setiap bulannya.

“Data yang kita miliki ini adalah data akumulasi yang terjadi setiap bulannya,kalau dilihat memang setiap tahun pasti terjadi peningkatan,” ujarnya. data ini diperoleh setiap kali ada masyarakat dalam hal pemohon kartu pencari kerja datang untuk mengurusinya di Dinas tenaga kerja Kota Ambon

Dirinya mengatakan, kendala yang dihadapi oleh pihaknya adalah kebanyakan orang yang telah membuat kartu pencari kerja cenderung tidak pernah datang untuk melaporkan kembali di Disnaker untuk melaporkan apakah memang sudah mendapatkan pekerjaan ataukah belum, hal ini dimaksdukan agar dapat diketahui oleh dinas, sehingga namanya dapat dihapuskan data pencari kerja

“Ini memang agak sulit, masyarakat menganggap ini hal biasa, padahal persoalan tenaga kerja bukanlah masalah yang sepele,”cetusnya.

Dikatakan, Sesuai mekanisme yang berlaku, setiap calon pencari kerja wajib datang melapor selama enam bulan sekali di dinas, jika tidak pihaknya menilai semua calon pekerja yang pernah mengurus kartu itu sudah mendapatkan pekerjaan, entah itu memang sudah ataukah tidak, jika dalam kurun waktu hingga dua tahun tidak juga kembali untuk melaporkan ke dinas, maka secara langsung namanya akan dihapuskan dalam data pencari kerja.

“Jika dua tahun, tidak lagi datang untuk melapor, tentu pihaknya menilai sudah bekerja,dan secara otomatis datanya akan dihapus dari daftar yang ada,” tuturnya.
Pihaknya akan terus melakukan penyeberluasaan informasi bursa kerja, dan juga lowongan kerja untuk meminta data dari setiap perusahan yang ada dengan bentuk dan keinginan perusahan, kita siapkan semuanya selanjutnya kita serahkan ke perusahan dimaksud untuk mekanisme selanjutnya.

“Kebanyakan pihaknya justru membantu masyaarakat di kota ini, untuk turun mencari lowongan kerja, dan meminta apa saja klasifikasi yang dibutuhkan oleh perusahan dimaksud, dan kita siapkan itu, barulah kita salurkan ke perusahan dimaksud,” pungkasnya. EL

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY