Tiga Wilayah Terluar Jadi Perhatian Khusus KKP

Tiga Wilayah Terluar Jadi Perhatian Khusus KKP

164
0
SHARE

AMBON, POROSMALUKU.com – Tiga wilayah terluar dari Provinsi Maluku yakni Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kota Tual kini menjadi bidikan tersendiri dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDM-PMKP) Republik Indonesia, Rina kepada wartawan di Ambon, kemarin. Dia menjelaskan, tahun ini Kementerian Kelautan dan Perikanan meluncurkan program terkait pembangunan sentra KP terpadu di pulau-pulau terluar dan terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara lain.

“Jadi tahun ini ada program prioritas KKP tentang pembangunan sentra KP terpadu di pulau terdepan dan berbatasan langsung dengan negara lain.”ujar Rina.

Dikatakan, tujuan program tersebut yakni KKP ingin meningkatkan kualitas dan peran KP di wilayah terluar Indonesia dengan memperhatikan ciri khas dari wilayah tersebut, “Tahun ini Maluku terdapat 3 pulau terluar yang menjadi perhatian khusus, sebenarnya sudah dimulai sejak tahun kemarin di Saumlaki namun karena terkendala maka tahun ini kila tambah lagi dua yakni Tual dan Kisar.”katanya.

Menurutnya, program tersebut okon terus berlangsung hingga tahun 2019 mendatang. Dengan harapan, KP lebih sinergi untuk terlibat menyukseskan kegiatan ini dengan mengutamakan potensi dan sumberdaya alamnya. Dia menambahkan, tiga daerah di Maluku tentunya menjadi akan mendapatkan sentuhan khusus dari KKP dengan bantuan secara bertahap per wilayah mendapatkan 100 milyar.

“Kita akan utamakan komoditi unggulan dan per wilayah yang mendapatkan perhatian khusus itu akan kecipradan dana sebesar 100 milyar yang diberikan bertahap hingga tahun 2019,”tandasnya. Rel

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY