Terapi Mengatasi Susah Tidur

Terapi Mengatasi Susah Tidur

119
0
BERBAGI

SUSAH tidur merupakan gangguan yang sangat merugikan bagi kesehatan. Dengan tidak bisa tidur, tubuh akan mengalami kelelahan kemudian berlanjut melemahkan kondisi tubuh, akhirnya mudah terserang penyakit.

Ada beberapa gangguan susah tidur, ada yang sejak lama sudah terbiasa susah tidur, bisa tidur tapi tidak nyenyak, sama sekali tidak bisa tidur dn setelah terjaga sudah tidur kembali. Semua gangguan tidur tersebut umumnya karena ketidaktentraman jiwa yang berada di bawah penguasaan jantung. Sehingga gangguan pada jantung berakibat susah tidur.

Susah tidur umunya disebabkan udara panas yang mendorong energi jantung terganggu. Ada juga makan yang belebihan, dan panas lambung. Hawa panas naik mendesak jantung menyebabkan gelisah.

Ada juga yang disebabkan kondisi emosi seperti stres, gembira yang berlebihan, atau terkejut yang dapat mengganggu energi vital jantung. Jantung menjadi lebih berdebar, gelisah dan akibatnya sulit untuk terlelap.

Penyebab lain adalah kekurangan darah dan energi yang disebabkan karena kelemahan limpha lambung dan ginjal. Akibatnya, jantung menjadi kurang tenaga, sehingga tidur tidak nyenyak, mimpi buruk, dan pemurung.

Upaya mandiri mengatasi susah tidur yang mudah dilakukan ialah menjalani aktifitas sehari-hari secara terukur, makan makanan dengan gizi seimbang, olahraga dan beristirahat cukup.

Kemudian memberikan perangsang atau pemijatan pada titik-titik meridian organ yang berkaitan dengan ketengangan dan ketentraman seperti refleksi ginjal, liver, pencernaan dan jantung. Pijatan diberikan pada zona refleksi meridian dipermukaan tubuh.

Pijatan ini untuk melancarkan darah dan energi vital menguatkan jantung dan liver, meningkatkan kerja ginjal serta mengeluarkan racun, mengembalikan elastisitas syaraf dan kekenyalan jaringan, serta menghilangkan setres. Selain itu dapat meningkatkan kehangatan tubuh, menjadi segar, dan tidur menjadi lelap. [*]

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY