SITU Merupakan Pedoman Pelayanan Teknis DPMPTSP

SITU Merupakan Pedoman Pelayanan Teknis DPMPTSP

26
0
BERBAGI
SITU Merupakan Pedoman Pelayanan Teknis DPMPTSP

AMBON,POROSMALUKU.COM ; Surat Izin Tempat Usaha (SITU) merupaka pedoman pelayanana teknis Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ambon ungkap Ketua Tim Kerja Internal, Dody Rettop dalam sambutannya pada acara Foccus Group Discission (FGD) tentang SITU dari proyek perubahan Kalesang Izin Tetap yang berlangsung di Ruko Maluku City Mall, Kota Ambon,Kamis (18/05/2017).

Menutut Rettop kegiatan ini bertujuan untuk memberikan masukan penyempurnaan SOP SITU dari dinas teknis kepada para asosiasi dan pengusaha di Kota Ambon. Selain itu, katanya menjadi pedoman pelaksanaan teknis pelayanan pembuatan SITU bagi para pengusaha.

Disisi lain, Kepala Bidang Pelayanan Perijinan Satu Pintu Stenly Nanlohy kepada wartawan mengatakan sosialisasi yang diberikan bagi para pengusaha dan asosiasi di Kota Ambon hanya sebatas informasi tentang hak dan kewajiban yang harus dilengkapi dengan surat atau dokumen izin. Dalam bentuk pelayanan sesuai Peraturan MenPan RB No 15/2015, harus mengacuh pada proses yang ada. Standar pelayanan, katanya adalah pedoman dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat sekaligus sebagai indikator untuk mengukur kinerja instansi selaku pemberi pelayanan kepada masyarakat.

“Standar pelayanan ini bisa menjado indikator dan evaluasi bagi masyarakat, apakah instansi ini kerja sesuai dengan standar yang ditetapkan ataukah tidak,”kata Nanlohy. Bukan hanya pelayanan yang dibincangkan dalam FGD tapi banyak program inovasi terbaru yang telah dikembangkan dan diperbincangkan. Diantaranya pembayaran pajak secara online dan produk lainnya. Nanlohy menambahkan, dengan inovasi yang telah dikembangkan dan dilaksanakan ini semata-mata memberikan kemudahan bagi masyarakat kota Ambon.

Selain itu, inovasi yang sementara dikembangkan oleh instansi ini yakni SMS Gateway yang berfungsi untuk memberitahukan status berlaku izin. “Kalau ini dikembangkan, maka pelaku usaha tidak perlu khawatir lagi terkait masa berlaku izin karena kami akan memberitahukan via sms,”tandasnya. (Ello)

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY