Satgas TMMD Gandeng Dinas Pertanian Gelar Penyuluhan Bagi Masyarakat

Satgas TMMD Gandeng Dinas Pertanian Gelar Penyuluhan Bagi Masyarakat

25
0
BERBAGI

Ambon, Porosmaluku,com – Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 tahun 2017 di wilayah Kodim 1504/Ambon gandeng Dinas Pertanian Provinsi Maluku menggelar penyuluhan pertanian bagi Masyarakat Desa Hukurilla, Kamis (13/04/2017) tepatnya di ruang pertemuan gereja Eben Heizer.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Penerangan Korem (kapenrem) 151 Binaya, Mayor Czi, Gerald N Tobing, kepada wartawan melalui presrilisnya.

“Kekayaan Sumber Daya Alam di Maluku harus selalu kita jaga dan lestarikan, aneka ragam tanaman-tanaman yang mempunyai hasil daya jual tinggi ada di sekeliling masyarakat antara lain pohon cengkeh, pala, durian dan masih banyak lainnya,” katanya.

Menurutnya, melihat potensi yang ada tersebut kepedulian TNI dalam program TMMD Ke-98 ini juga menyasar pada kegiatan pembangunan sasaran non fisik terutama yang berkaitan dengan mata pencarian masyarakat desa.

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman petani mengenai teknologi budidaya tanaman perkebunan,” ujarnya.

Dalam kegiatan penyuluhan, materi tentang cara budidaya tamanan buah dan tanaman keras disampaikan oleh Jacob Wattimena dari Dinas Pertanian Maluku. Penyuluhan diberikan mengingat sebagian besar masyarakat Desa Hukurilla memanfaatkan lahan untuk menanam tanaman produktif seperti cengkeh, pala, durian dan beberapa tanaman lainnya.

“Dengan adanya penyuluhan tersebut, masyarakat dapat mengetahui bagaimana menanam yang baik serta mendapatkan hasil yang maksimal dan mampu mengembangkan jenis-jenis pangan khas daerah untuk dijadikan komoditi industri pangan tradisional,” tandasnya.

Dirinya menambahkan, dengan penyuluhan ini, sehingga tujuan untuk menarik minat wisatawan terpenuhi, karena Desa Hukurila juga termasuk salah satu destinasi wisata Kota Ambon, sehingga kesejahteraan masyarakat desa menjadi lebih baik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekdes Negeri Hukurilla, Ketua Saniri Hukurilla beserta Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Masyarakat Hukurilla. (PM-05)

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY