Puskesmas di Ambon Harus Terakreditasi

Puskesmas di Ambon Harus Terakreditasi

337
0
BERBAGI

Ambon, POROSMALUKU.Com : Dua puluh dua puskesmas di Kota Ambon sudah harus diekreditasi mulai tahun 2016 ini hingga tahun 2019 nanti.
Akreditasi terhadap Pusat Kesehatan Masyarakat ini dirasakan perlu dilakukan guna memperbaiki pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kota ini.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Tresye Torry kepada POROSMALUKU.Com di Ambon mengungkapkan, akreditasi terhadap dua puluh dua puskesmas di kota ini nantinya akan dilakukan secara bertahap hingga tiga tahun mendatang.
“Puskesmas di Ambon memang sudah harus dilakukan akreditasi, dan kota Ambon juga pasti akan mengikuti itu,” ujarnya.
Dikatakan, pihaknya saat ini sementara menunggu Protab dari pusat terkait dengan persyaratan dan ketentuan yang nantinya diikuti dalam akreditasi di lembaga akreditasi nanti.

“Kita masih menunggu protab dari pusat seperti apa, baik menyangkut syarat maupun ketentuan yang harus diikuti, apakah perlu didukung dengan sarana dan prasarana pendukungnya, ataukah seperti apa, ya kita masih menunggu, yang pasti adalah dengan batas waktu yang diberikan hingga 2019 mendatang tentu semua puskesmas sudah harus terakreditasi,” ucap Torry singkat. Akreditasi nantinya akan dilakukan oleh Lembaga akreditasi nasional. sebuah institusi jika sudah terakreditasi menunjukan bahwa lembaga ini memang sudah memiliki mutu yang baik.

Torry berharap hasil akreditasi nanti dapat lebih baik lagi, paling tidak dapat memberikan dorongan positif dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Pusat kesehatan di kota Ambon yang semakin baik.

“Kita akan terus dorong agar hasilnya nanti baik dengan nilai A, atau B paling tidak tingkat kepercayaan masyarakat terhadap mutu pelayanan di Puskesmas sendiri dapat meningkat,” paparnya. EL

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY