Perhatian Serius Pada Penyakit Kanker

Perhatian Serius Pada Penyakit Kanker

187
0
BERBAGI

AMBON,POROSMALUKU.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas kesehatan Kota Ambon terus memberikan perhatian penuh terhadap keganasan penyakit kanker. Berbagai program pun digelar, dari pemeriksaan gratis sampai mensosialisasikan agar, masyarakat dapat melaksanakan pemeriksaan dini kanker yang dilakukan di Dinas Kesehatan maupun Puskesmas yang berada di lingkup Kota Ambon.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Ambon DR Yusda Tuharea mengatakan, pihaknya terus memberikan perhatian terhadap masyarakat yang mengalami kangker payudara maupun kangker serviks.

“Setiap orang berpotensi terhadap penyakit kanker baik kangker payudara maupun kangker serviks. Paling rawan pada wanita, untuk itu perlu dilakukan deteksi dini melalui skirining, tanpa perlu menunggu apalagi sudah ada benjolan atau gejala lainnya,” ujarnya disela-sela sosialisasi HIV/AIDS yang berlangsung di SMKN 5 Ambon.

Dia menerangkan, kerawanan kangker berpotensi kepada seluruh masyarakat terutama pada wanita, makanya setiap wanita diajak untuk melakukan pemeriksaan gratis untuk mencegah kangker payudara maupun kangker serviks sejak dini.

“Tidak hanya dengan pemeriksaan sendiri, namun diperlukan juga pemeriksaan secara medis. Pemeriksaan klinis dilakukan bila terjadi benjolan dan cairan yang keluar dari puting dan perubahan pada payudara yang tidak biasa. Kemudian melakukan program untuk mendeteksi perubahan kepadatan yang tidak normal atau adanya deposit kalsium, dan melakukan ultra scan untuk mendeteksi area khusus atau untuk mendeteksi kondisi yang tidak normal yang terlihat pada mamogram. Untuk memperoleh hasil yang jelas dan meyakinkan maka dilakukan scan Magnetic Resonance Imaging (MRI),” tuturnya.

Dia mengakui, kanker payudara dapat dicegah dengan mengkonsumsi selenium merupakan kandungan yang dapat ditemukan di kacang-kacangan, serelia utuh, kacang brazil, makanan laut, telur, buah, daging tanpa lemak karena dapat membunuh sel kanker dan mampu membatasi kemampuan sel untuk berkembang biak, buah dan saturan yang kaya akan vitamin, serat, mineral, fitokimia yang dapat berfungsi sebagai anti oksidan yang menghambat berkembangnya sel kanker dan makanan yang mengandung karoten alfa, vitamin A dan vitamin C.

“Diminta untuk setiap penderita kangker payudara untuk mengkonsumsi makanan sehat agar, hidup tetap sehat,” tandasnya. ELO

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY