Pemprov Bakal Finalisasi Laporan Pengalihan Urusan Pemerintahan

Pemprov Bakal Finalisasi Laporan Pengalihan Urusan Pemerintahan

141
0
BERBAGI

AMBON,porosmaluku.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku bakal segera melakukan finalisasi laporan pengalihan urusan pemerintahan di daerah sebagai dampak revisi Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Pemerintahan Setda Maluku, Jasmono kepada media ini mengatakan pemerintah Provinsi Maluku sementara sementara melakukan finalisasi urusan pengalihan sebagaimana diamanatkan dalam UU 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

“Sekarang ini kita sedang merasionalisasikan serta memfinalisasi laporan pengalihan urusan sebagaimana diamanatkan dalam UU 23 tahun 2014, Usai final laporan dimaksud barulah pemerintah menyampaikan laporan tersebut ke pemerintah pusat,”ujar Jasmono.

Beberapa urusan yang bakal dialihkan hampir mencakup banyak instansi misalnya, pendidikan menengah yang ditarik kewenangannya masuk pada kewenangan provinsi, bidang kehutanan, ESDM, Perikanan dan berbagai instansi teknis lainnya.

Dia mengungkapkan, hingga saat ini bukan saja Maluku yang mengalami keterlambatan, namun berbagai provinsi di tanah air pun turut mengalami berbagai kendala dalam proses pengalihan urusan pemerintahan itu.

Menurutnya, permasalahan utama yang dihadapi yakni soal aset yang harus dicermati secara baik dan cermat sehingga tidak mengalami masalah ketika diserahkan.

Jasmono menjelaskan, proses penyerahan atau pengalihan urusan sebagaimana amamat UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah membawa konsekuensi pengalihan terhadap P3D yang telah dimulai sejak tahum 2015 dan telah ditindaklanjuti dengan pembentukan tim inventarisasi dam percepatan penyerahan P3D dari kabupaten/kota ke provinsi.

“Hasil evaluasi dari pemerintah pusat ternyata ada beberapa urusan yang dijalankan tidak efektif dilakukan di kabupaten/kota sehingga urusan tersebut ditarik lagi ke provinsi maupun pusat,”tandasnya. RELL

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY