Pemanfaatan DD Utamakan 3 Program Prioritas

Pemanfaatan DD Utamakan 3 Program Prioritas

170
0
BERBAGI

AMBON,porosmaluku.com- Koordinator Wilayah (Korwil) Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) Provinsi Maluku Hanfry A.R.Matrutty,SH mengatakan pengelolaan dan pemanfaatan dana desa (DD) di Maluku harus memprioritaskan tiga program utama. Demikian hal ini disampaikan, Matrutty kepada media ini di Ambon.

Dia mengatakan, Sebagaimana diketahui bahwa melalui UU No.6 Tahun 2016 tentang Undang-Undang Desa telah mengamanatkan secara jelas pembangunan di tingkat desa mampu melahirkan kemandirian bagi desa dan kesejahteraan masyarakatnya. Dijelaskan, dalam pemanfaatan dana desa di tahun 2016, pemerintah harus menitikberatkan pada 3 prioritas utama diantaranya membangun infrastruktur dasar, pendikdikan dan kesehatan dan pengembangan ekonomi desa.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan,irigasi dan talud merupakan hal yang seharusnya dilakukan dalam membangun desa, disamping itu dunia pendidikan dan kesehatan sebagai bentuk dasar pelayanan serta pengembangan ekonomi desa yang dalam hal ini membutuhkan sebuah konsep yang matang.

“Yang hampir merata tinggal bagaimana desa dapat mengelolanya sebagai BUMDesa yang keuntungannya dapat dinikmati oleh masyarakat desa. Selain BUMDesa penumbuhan usaha mikro kecil di desa pun tak kalah penting karena akan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi desa terutama dalam penyerapan tenaga kerja,”katanya.

Matrutty menjelaskan, permasalahan modal juga menjadi masalah dasar dalam pengembangan usaha mikro kecil didesa, sehingga perlu pendampingan yang ideal dari sisi teknis maupun bisnis. Jika tidak diperkuat, maka dipastikan akan mengalami kegagalan.

“Semoga kedepan selain pendamping desa yang sudah disiapkan oleh Kemendes di Maluku dapat bermitra dengan para Konsultan Teknis dan Konsultan Bisnis dalam rangka penguatan SDM dalam pengelolaan sektor usaha di desa,”tandasnya. Hen

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY