Patty : Uang Koin Masih Legal

Patty : Uang Koin Masih Legal

112
0
SHARE

Ambon, POROSMALUKU.Com : Pengamat Ekonomi di Kota Ambon, Steven Patty kepada porosmaluku.com di ambon (12/02) menyatakan, keberadaan uang koin seratus, dua ratus, lima ratus, maupun seribu koin masih legal dan pantas untuk digunakan dalam transaksi jual beli di masyarakat.
Pernyataan ini disampaikannya mengingat fakta yang terjadi di masyarakat, yang mana proses transaksi jual beli di masyarakat hingga pada kios kecil menolak uang koin saat disodorkan oleh pembeli karena dianggap tidak berlaku lagi, padahal hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pihak Bank Indonesia sebagai institusi yang memiliki kewenangan itu”Uang koin itu masih resmi digunakan sebagai alat tukar, dan wajib bagi seluruh masyarakat di pelosok negeri untuk digunakan.
“Mungkin karena pengaruh nilai tukar saja, sehingga beranggapan seperti itu, mestinya uang koin itu dikumpulkan dan ditukar di BI agar nantinya dapat didaur ulang, itu bagi mereka yang sadar dan peduli terhadap uang, pasti dikumpul dan tukar.
Patty menuturkan, pedagang besar maupun kecil sampai kios sekalipun, harus tetap menerima pemberian uang koin dari masyarakat, kecuali ada edaran dari BI terkait tidak digunakan, itupun pihak BI pasti akan mengumpulkannya kembali, melalui operasi keliling pertukaran uang dan memberikan yang baru kepada masyarakat.
“Sepanjang belum adanya edaran terkait penggunaan uang dimaksud, sudah tentu itu masih menjadi alat tukar sah dan legal,” tandas Patty. EL

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY