Maluku Targetkan Bebas Rabies 2017

Maluku Targetkan Bebas Rabies 2017

228
0
BERBAGI

AMBON,POROSMALUKU.com: Tahun 2017 mendatang Provinsi Maluku menargetkan akan terbebas dari Rabies atau Anjing Gila. penyakit ini diyakini sangat fatal lantaran apa yang ditularkan dari gigitan kepada manusia dapat mengakibatkan kesehatan terganggu seperti cacat, bahkan bisa berujung kepada kematian.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, Diana Padang kepada wartawan pekan lalu di Ambon.

Baginya, di Maluku masih ada kabupaten Kota yang rawan penyakit anjing gila, karena itu pihaknya sendiri telah menyurati seluruh Bupati Wali Kota di Maluku untuk dapat bekerja guna mencapai target 2017 mendatang.

“Pemberian vaksinasi adalah salah satu langkah awal yang harus dilakukan agar tidak ada korban jiwa nantinya termasuk juga beberapa hal penting yang dirasa perlu dilakukan, semua itu sudah kami sampaikan agar dapat menjadi perhatian serius setiap pemerintah daerah kabupaten/kota.┬áProvinsi hanya akan melakukan koordinasi dan pengawasan terkait apa yang dilakukan di setiap kab/Kota,” ungkap Padang.

Padang menuturkan, Dari 11 kabupaten/kota di Maluku daerah yang sangat rawan rabies adalah Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat dan Maluku Tenggara Barat dan daerah yang dinyatakan bebas ada di Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan Kota Tual dan Maluku Tenggara. karena itu dirinya mengharapkan ada perhatian serius dari Pemkot Ambon agar mampu melakukan tindakan real di lapangan.

Dirinya mengusulkan agar setiap masyarakat yang memiliki hewan seperti anjing, Kucing, kera untuk tetap melakukan imunisasi guna menghindari adanya kemungkinan penyakit rabies.

“Pemberian vaksin rabies secara maksimal dengan merata diharapkan dapat mengendalikan sebaran rabies di beberapa kab/Kota,” ucap Padang

Perlu diketahui, Desember 2015 lalu dalam rapat nasional di Jakarta Maluku telah berhasil mengikuti sidang sebagai daerah bebas Flu Burung 2015 dan kini Maluku menargetkan bebas Rabies di Tahun 2017.

“Sesuai ketentuan bagi daerah yang telah dinyatakan bebas rabies kita akan mengikuti sidang pertanian di Jakarta untuk menentukan Maluku di Tahun mendatang,” papar Padang. EL

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY