KPU Ambon Belum Tentukan Angka Partisipasi Masyarakat

KPU Ambon Belum Tentukan Angka Partisipasi Masyarakat

120
0
BERBAGI

AMBON, Porosmaluku,com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon hingga kini belum menentukan berapa besaran atau tingkatan partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Ambon tahun depan. Ketua KPU Kota Ambon, Marthinus Kainama kepada media ini di Pasific Hotel usai membuka kegiatan bimbingan teknis PPDP, Senin (22/8) mengatakan hingga saat ini KPU belum bisa memprediksi hal tersebut.

“Saat ini KPU sementara melakukan evaluasi terhadap data pemilih sehingga belum bisa memprediksi angka yang menjadi partisipasi masyarakat pada pilkada tahun depan ini, semuanya akan ditentukan setelah data pemilih diketahui dan akan dibandingkan dengan jumlah penduduk periode lalu,” ujar Kainama.

Menurutnya, dilihat dari angka partisipasi pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden periode lalu, Kota Ambon mengalami penurunan hingga mencapai 64,56 persen dibandingkan dengan Pemilihan Legislatif yang mencapai 70 persen. “Kita yakin pada tahun 2017 mendatang akan mengalami peningkatan,”jelasnya.

Disamping itu, Bimtek yang digelar oleh KPU Kota Ambon bagi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang berasal dari 5 Kecamatan di Kota Ambon, agar dalam menjalankan tugasnya sebagai PPDP telah mengetahui apa yang harus dikerjakan.

“PPDP ini merupakan tenaga sukarela, yang membantu pemutakhiran data, ini sangat penting untuk dilakukan karena saat ini banyak pemilih pemula dan ada pemilih baru di satu wilayah tertentu terdapat perubahan jumlah pemilih di satu wilayah, karena proses perpindahan tempat tinggal, pertambahan usia dan sebagainya, sehingga harus dilakukan pendataan ulang,” tuturnya. (GIL)

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY