Komisi I Bakal Tinjau Lokasi Kebakaran Soabali

Komisi I Bakal Tinjau Lokasi Kebakaran Soabali

101
0
SHARE

Ambon, Porosmaluku,com- Komisi I Dewan Perwakilan Rkyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, dalam waktu dekat akan melakukan kunjungan kerja di lokasi kebaran Soabali Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon beberapa waktu lalu.

Hal ini, diputuskan, dalam rapat dengan pendapat yang dipusatkan diruang Komisi I, Kamis (27/10). Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes mengatakan, untuk masalah pengungsi Soabali perlu ditangani oleh Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon.

“Kita minta ini perlu ditangani, apalagi kalau kita lihat data ada sebanyak 319 jiwa yang saat ini mendiami tenda pengungsi,”ungkap Pormes.

Kedua dinas yang menangani masalah kebarakan tersebut perlu adanya koordinasi yang baik dengan pengungsi terutama menyangkut dengan penerimaan bantuan.

“Kalau masalah bantuan harus dilakukan koordinasi, jangan sampai ada masyarakat yang tidak menerima bantuan otomatis akan menimbulkan kecemburuan dan ini harus dijaga oleh masing-masing SKPD untuk tetap memperhatikan koordinasi,”katanya.

Terkait dengan peninjauan, Pormes menjelaskan mereka ingin mengetahui apakah semua masyarakat Soabali sudah menerima bantuan atau belum, dan mereka juga ingin mengetahui apak saja menjadi keluhan dari masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kota Wa Ode Muna mengatakan kebakaran yang terjadi di Soabali sebanyak 47 rumah yang mengalami kebakaran 84 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 319 jiwa. Untuk saat ini, dari Dinsos telah memberikan bantuan yaitu berupa makanan siap saji.

Menurutnya, setelah berjalan dua hari ada kendala yang dialami oleh Dinsos dan BPBD dengan adanya keberatan oleh keluarga Amir Tausamu yang tidak senang dari pemkot melihat masyarakt dan membangun tenda.

“Mereka adalah kepala pemuda disana, ketika kami membangun tenda mereka mengatakan keberatan dengan beralasan bahwa menggangu aktifitas dan peningkatan ekonomi karena masyarakat sering menjual disitu,”jelasnya.

Dengan demikian, ia meminta kepada DPRD untuk bersama-sama dengan SKPD mengatasi masalah yang saat ini telah hadapi oleh mereka.

“Kita minta dukungan dari dewan untuk mengatasi masalah ini, apalagi ini demi masyarakat yang rumah-rumah mereka terbakar karena mereka sangat membutuhkan tempat perlindungan,”ujarnya. (GL)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY