KJRI New York Ingin Ikan Asal Maluku Ada di Amerika

KJRI New York Ingin Ikan Asal Maluku Ada di Amerika

47
0
SHARE

Ambon, Porosmaluku,com – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York, ingin ikan Maluku berada di Amerika, bahkan KJRI akan mendorong agar ikan Maluku bisa di ekspor di wilayah kerja KJRI mereka di New York.

“Bulan ini ada Pameran perikanan terbesar di seluruh Amerika Utara, kami akan mendorong adanya pameran sea food dari Maluku ke wilayah kerja kita di New York,” kata Konsulat Bidang Ekonomi di KJRI New York Winanto Adi kepada wartawan di Ambon, Rabu (8/3/2017).

Menurutnya, memang dari Indonesia agar kesulitan dalam memasukan ikan-ikan di New York. Hal ini dikarenakan, ada negara-negara pesaing di ASEAN yang juga ikut mengekspor ikan, seperti Thailand, China, Vietnam dan lainnya.

“Dua tahun terakhir ada kesulitan memasukan ikan. Yang dimasukan hanyalah ikan-ikan tertentu dan ini karena di pengaruhi faktor masyarakat yang tinggal di New York berasal berbagai keturunan, dan saingannya kita juga da ri negera ASEAN, ada thailand, cina, vietnam dan lainnya. Sehingga ada otoritas yang menentukan ikan itu boleh masuk dan tidak boleh masuk, termasuk ekspor dari Maluku,” jelasnya.

Ia menjelaskan, saat ini nilai ekspor ikan dari Indonesia diatas 1.3 Milyar USD. Dan nilai ekspor dari Maluku sebesar 1/3 dari 1.3 Milyar USD tersebut per tahunnya.

“Saat ini nilai ekspor kita diatas 1.3 Milyar USD, dan Maluku 1/3 dari nilai tersebut. Inilah yang akan kita dorong lewat promosi. Kita akan dorong agar ekspor ikan di Amerika Serikat dari Maluku,” tandasnya.

Bagi mereka, KJRI New York tidak perlu melakukan MoU namun yang terpenting ialah dampak yang dapat dirasakan langsung.

Sementara itu, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua menegaskan, selama ini dari data ekonomi kreatif, Maluku memiliki tiga perusahaan ekspor ikan ke Amerika Serikat, namun dari tiga perusahaan tersebut hanya satu saja yang lulus untuk ekspor ikan.

“Selama ini dari data ekonomi kreatif tadi kita punya tiga perusahaan yang ekspor ikan ke Amerika Serikat, tetapi ada dua perusahaan itu yang terhenti tinggal satu saja,” kata Wagub.

Saat ditanya terkait nama perusahan tersebut, Dirinya sendiri tidak mengingat dengan pasti, nama-nama perusahaan tersebut, namun Ia sangat berharap agar, KJRI New York dapat memperjuangkan agar ada ekspor ikan langsung dari Maluku. (PM-05)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY