Kementerian ESDM Kucur 6 Unit PLTS di Maluku

Kementerian ESDM Kucur 6 Unit PLTS di Maluku

442
0
BERBAGI

AMBON,Porosmaluku.com- Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Republik Indonesia akhirnya mengucurkan bantuan ke Maluku berupa 6 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang tersebar di wilayah tenggara dan selatan Provinsi Maluku.

Anggota DPR RI, Mercy Barends kepada wartawan di Ambon, Selasa (10/5) mengatakan 6 unit bantuan tersebut diperuntukkan bagi 1006 rumah yang dianggarkan dari APBN 2016.

”Kementerian ESDM melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Energi Baru dan Terbarukan pada tahun ini memberikan berupa bantuan 6 unit PLTS yang diperuntukan ke Maluku bagian Tenggara dan Selatan mengingat masih banyak desa/negeri/dusun yang belum tersentuh aliran listrik”,ungkap Barends.

Dia merincikan posisi dan jumlah rumah yang telah ditentukan berdasarkan data yang diberikan pemerintah diantaranya :
Maluku Tenggara (Malra) berpusat di Desa Tanimbar Kei Kecamatan Kei Kecil berupa 1 unit PLTS/30 KWP diperuntukan untuk 130 rumah, Kota Tual berpusat di Desa Kaimer Kecamatan Kur berupa 1 unit PLTS/KWP untuk 114 rumah, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) berpusat di Desa Lelingluan Kecamatan Tanimbar Utara berupa 1 unit/75 KWP untuk 263 rumah.

Kabupaten Aru katanya, berpusat pada tiga Desa di Kecamatan Aru Selatan Timur yakni di Desa Meror berupa 1 unit PLTS/75 KWP untuk 263 rumah,Desa Beltubur 1 unit PLTS/30 KWP untuk 130 rumah dan Desa Batu Goyang 1 unit PLTS/20 KWP untuk 106 rumah.

”Saya sudah berusaha untuk menjadi perpanjangan tangan di pusat demi memperjuangkan aspirasi masyarakat Maluku.”katanya.

Dia menambahkan, bantuan 6 unit PLTS akan dikucurkan tahun ini namub masih dalam tahap proses tender di pusat.  (RELL)

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY