Indag Kota Gelar Sosialisasi Kantong Plastik Berbayar Bagi Pelaku Usaha

Indag Kota Gelar Sosialisasi Kantong Plastik Berbayar Bagi Pelaku Usaha

266
0
SHARE

Ambon, POROSMALUKU.Com : Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon, melakukan sosialisasi kantong plastik berbayar kepada pelaku usaha di Kota Ambon. guna memberikan pemahaman dan pandangan tentang rencana pemerintah secara nasional dalam memberlakukan kantong plastik berbayar. yang nantinya akan dilaunching pada 26 Februari mendatang.

Kepala Bidang Perdagangan Kota Ambon, Carolinna Silooy saat memberikan sosialisasi mengungkapkan, Ambon merupakan salah satu kota terpilih di indonesia sebagai kota percontohan dalam melakukan itu. hal ini dilatarbelakangi dengan kondisi Indonesia yang menempati urutan kedua penghasil sampah terbanyak di dunia, bahkan sampah plastik ini sulit untuk terurai dan mampu bertahan hingga 400 tahun.

Awalnya di kota Ambon akan diuji coba kepada 20 gerai besar di kota ini, dan pelaku usaha lainnya akan mengikutinya pada Juni mendatang.

Untuk menjawab itu, pemerintah Kota Ambon akan menyiapkan kantong kain, yang dapat digunakan beberapa kali sehingga dapat mengurangi penggunaan sampah plastik.

“Bukan hanya pelaku usaha yang diberikan sosialisasi tetapi juga kepada seluruh masyarakat melalui Kades/Raja/RT dan RW. untuk selanjutnya disampaikan kepada masyarakat di kota ini.

“Kita berencana untuk memberlakukan 5000 kantong kain, dan selanjutnya akan dievaluasi dan diikuti oleh semua pelaku usaha di kota ini,” ujarnya.

Bagi Silooy, pelaksanaan ini nantinya akan didukung dengan adanya surat edaran walikota Ambon kepada seluruh masyarakat di kota ini.

“Kita komitmen bersama untuk melakukan itu, pelaksanaan itu nantinya akan didukung dengan peraturan Wali Kota Ambon,” pungkasnya.

Pelaku usaha sendiri meminta agar adanya sebuah petunjuk pelaksanaan untuk menghadapi konsumen nanti, sehingga jangan masyarakat berpikir kita pelit dengan plastik kresek. EL

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY