Gubernur: Mei-Juni, 4 Kepala Daerah Akan Dilantik

Gubernur: Mei-Juni, 4 Kepala Daerah Akan Dilantik

141
0
SHARE

Ambon, Porosmaluku,com – Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, awal Mei-Juni 2017, akan menjadi saksi bagi keempat kepala daerah yang dipilih melalui pesta demokrasi 15 Februari lalu.

Saat ini, sudah ada empat Kabupaten/Kota yang telah mengusulkan pelantikan Kepala Daerah terpilih kepada Menteri Dalam Negeri melalui Assagaff. Keemmpat kabupaten/kota tersebut, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kota Ambon, dan Kabupaten Buru.

“Pilkada serentak di 5 kabupaten/kota telah menghasilkan 5 bupati/walikota terpilih, dan informasi terakhir yang masuk ke saya, saat ini, pihak DPRD dan KPU kabupaten masing-masing telah dan sementara terus berproses untuk bisa mempersiapkan kelengkapan, administrasi pengusulan pengangkatan kepada gubernur untuk selanjutnya diserahkan kepada Meteri Dalam Negeri,” kata Guberur kepada wartawan di Ambon, Rabu (19/4/2017).

Menurutnya, jika secepatnya diusulkan maka dipastikan, awal Mei atau paling terlambat Bulan Juni, keempat kepala daerah tersebut akan dilantik.

“Saya kira kalau semua secepatnya diusulkan ke Menteri Dalam Negeri, maka saya rasa bulan Mei semua sudah bisa dilantik, atau paling terlambat bulan Juni. KPU kabupaten harus berproses, kemudian DPRD harus pleno dan sampaikan ke saya memang ada beberapa kabupaten yang sudah sampai ke tahap itu, dan malah sudah akan dikirim ke Departemen Dalam Negeri,” katanya.

Gubernur berharap agar proses untuk pengusulan pelantikan dapat disiapkan dengan baik dan teliti sehingga dapat diproses sesuai ketentuan yang berlaku. Entah kapan mereka akan dilantik, gubernur meminta agar semua pihak dapat bersabar dan menahan diri sampai menunggu ketentuan pelaksanaan pelantikan yang saat ini sementara di godok pemerintah pusat.

“Saya berharap ini bisa disiapkan secara baik dan teliti dan diproses sesuai ketentuan yang berlaku, bahwa persoalan kapan pelantikan terhadap bupati/ walikota terpilih saya berharap semua pihak untuk bersabar dan menahan diri sampai menunggu ketentuan pelaksanaan pelantikan yang saat ini sementara di godok oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah terpilih, Tuasikal Abua-Marlatu Leleury, masih menunggu hingga akhir masa jabatan mereka.

Menurutnya, sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku, yang bersangkutan akan dilantik, ketika telah selesai masa jabatan mereka.

“Untuk Malteng, aturan mengatakan harus tunggu sampai selesai masa jabatan,” tegasnya.

Walaupun begitu, pemerintah provinsi akan kembali melihat aturan-aturan yang ada.

“Nanti kita lihat aturannya. Yang jelasnya, aturan menegaskan harus tunggu sampai selesai masa jabatan,” ujarnya. (PM-05)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY