Gubernur Maluku Lantik Bupati dan Wakil Bupati MBD

Gubernur Maluku Lantik Bupati dan Wakil Bupati MBD

537
0
BERBAGI

AMBON, Porosmaluku.com – Gubernur Maluku Said Asagaf dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan pelantikan Bupati Drs.B.N. Orno dan Wakil Bupati Benyamin Noach, ST Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dengan Masa Jabatan 2016-2021 yang berlangsung di Kantor Gubernur Selasa, (26/4).

“Ini berarti, Drs B.N.Orno mengembang tugas sebagai Bupati MBD pada periode yang ke-2,” katanya.

Untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan di MBD dalam waktu lima tahun ke depan dan menunjukan bahwa adanya kemajuan dan keberhasilan yang telah dicapai selama pemerintahan pada periode pertama dan memberikan dampak secara langsung pada keselarasan masyarakat di MBD.

Dia menambahkan, tantangan yang akan dihadapi adalah sangat berat, apalagi masih banyak program 5 tahun kedepan yang dihadapi masyarakat MBD sampai dengan saat ini, salah satunya masalah kemiskinan menjadi isu sentral yang dihadapi oleh masyarakat di MBD. Tantangan tersebut merupakan suatu konteks dinamika pembangunan otonomi daerah Maluku baik dalam konteks otonomi maupun persaingan global, apalagi daerah ini telah memasuki Asean Ekonomi Comunity.

“Saya yakin saudara berdua dapat mengelola kabupaten MBD dengan baik. Maka, daerah ini akan mampu mengembang dan dapat berdiri sejajar dengan daerah-daerah di negara lainnya. Apalagi Kabupaten MBDdikarunai oleh Tuhan dengan sumberdaya yang sangat signifikan terutama sumber daya alamnya,”ujar Asagaff.

Terkait dengan perkembangan pembangunan Blok Masela, saya perlu informasikan bahwa Pemerintah Provinsi Maluku telah membangun komunikasi secara intensif dengan baik, dalam hal ini kementerian SDM, bersama-sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air, seperti Universitas Pajajaran, Universitas Pattimura untuk menyiapkan langkah-langkah yang tepat untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya anak-anak Maluku seputar teknologi pertambangan dan energi.

“Khususnya Bupati dan Wakil bupati sebagai pasangan yang akan memimpin Kabupaten MBD diingatkan bahwa menjadi seorang pemimpin adalah sebuah amanat mulia yang diterima oleh Tuhan. Bernilai dengan itu pula, amanat penuh dari rakyat yang telah memilih karena percaya kepada janji-janji kampanye. Karena itu, menjadi kewajiban untuk menjawabnya dengan pengabdian, ketulusan dan kerelaaan serta rendah hati untuk melayani masyarakat,” ulasnya.

Sebagai pasangan yang dipilih oleh masyarakat harus saling mendukung, menghormati dan saling melengkapi satu dengan yang lain,sehingga dukungan Bupati dan Wakil Bupati akan menjamin pencapaian lebih tinggi untuk membangun dan membesarkan kabupaten Maluku Barat Daya kedepan.

Diharapkan, komunikasi yang dibuat ini dapat mampu menjwab tantangan masa kini dari Kabupaten MBD.Untuk itu, sebagai Bupati dan wakil bupati agar segera melakukan konsulidasi dan konstruksi sosial dengan mengedepankan semua Kalwedo yang menjadi sumber spiritualitas dan kebanggaan masayarak Kabupaten MBD.

Bupati dan wakil bupati harus berinisiatif merangkul semua masyarakat tanpa terkecuali karena setiap perbedaan adalah suatu pencahayaan untuk bertranformasi untuk saling melengkapi dan saling menghormati.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Drs.B.N.Orno menambahkan, persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Kabupaten Maluku Barat Daya dab birokrasinya. Pilkada tahun kemarin, rakyat dipetak konflikkan sehingga Orno bersama Noach akan meninjau langsung ke desa-desa untuk memberikan penguasaan kepada rakyat untuk bersama-sama bersatu membangun Kabupaten MBD, sedangkan birokrasi dikonsulidasikan kembali.

Apabila birokrasinya fungsional tapi tentunya pilihan politik pasti berbeda. Dia berkata, tidak ada perombakan Birokrasi, akan tetapi yang ada adalah pembenahan dan promosi karena selama ini, ” saya telah bekerja selama lima tahun yang lalu dan semuanya itu sah-sah saja.”

“Terkait dengan Blok Masela, akan direncanakan berbagai hal untuk mengantisipasi perkembangan apabila suatu saat Blok Maela itu ada,” Ungkapnya.

Dia berharap, dengan adanya potensi Sumberdaya Alam di Kabupaten MBD dan Maluku tidak hanya dikelola leh Pemerintah Daerah tetapi dikelola oleh semua masyarakat termasuk media-media melalui berita-berita yang mengajak para investor untuk berdatangan ke daerah-daerah salah satunya ke Kabupaten MBD. (TIR/HEN)

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY