DPRD Setuju Subsidi untuk JCH Maluku 2016

DPRD Setuju Subsidi untuk JCH Maluku 2016

96
0
SHARE

AMBON,Porosmaluku,com –  DPRD Provinsi Maluku akhirnya menyetujui besaran subsidi  untuk biaya embarkasi-debarkasi Ambon-Makassar pulang pergi (PP) kepada Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 2016 sebesar Rp. 1 juta per orang.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae di Baileo Rakyat Karang Panjang, Ambon, Jumat (12/8), DPRD menetapkan persetujuan menindalkanjuti hasil rapat Komisi D DPRD Maluku dengan Kanwil Kemenag Maluku serta Biro Kesra Pemprov Maluku.

Rekomendasi Nomor : 043.2./264/DPRD Maluku diberikan kepada Gubernur Maluku Said Assagaf agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. “Dengan keluarnya rekomendasi DPRD mengenai subsidi JCH, dapat dipergunakan untuk membantu biaya embarkasi-debarkasi, menunjukan adanya perhatian DPRD dan Pemprov Maluku untuk sama-sama berupaya meningkatkan keimanan masyarakat,” pungkasnya

Huwae berharap dengan pemberangkatan JCH secara rutin di tahun-tahun mendatang akan tercipta kualitas masyarat Maluku yang semakin bertaqwa dalam menghadapi tantangan yang semakin berat.

“DPRD juga berharap kepada komponen penyelenggara haji tahun 2016 harus bisa mengelola prosesnya semaksimal mungkin agar mulai dari pemberangkatan JCH dari Maluku sampai kembali nanti, seluruh proses dapat berlangsung baik,” tandas Huwae

Biaya yang dibutuhkan untuk embarkasi/debarkasi setiap JCH adalah sebesar Rp 4.127.250,- per jamah. Biaya tersebut sesuai dengan rincian biaya penerbangan Ambon-Makassar pergi pulang Rp 2.918.750,- serta biaya operasional sebesar Rp 1.208.500,-.

Dengan persetujuan dan rekomendasi dari DPRD, beban biaya embarkasi-debarkasi yang disetor oleh setiap jamaah turun menjadi Rp 3.127.250,-. Subsidi ini akan diambil dari pos APBD tahun 2016.

Seperti diketahui, pada 22 Agustus nanti sebanyak 569 CJH asal Maluku akan diberangkatkan ke Mekkah. Rombongan CJH Maluku ini akan diberangkatkan melalui dua kloter yakni kloter 12 dan 13 melalui embarkasi Makassar.

Ketua Komisi D DPRD Maluku, Suhfi Majid menjelaskan berdasarkan rapat Komisi D bersama Kanwil Agama Maluku dan Biro Kesra pada Rabu (3/8) diketahui jumlah CJH Maluku tahun 2016 sebanyak 569 orang yang terdiri dari jamaah reguler 564 orang dan 5 orang tim pemandu haji daerah (TPHD). (RELL)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY