Dinkes Ajak Warga Kota Ambon Terapkan PHBS

Dinkes Ajak Warga Kota Ambon Terapkan PHBS

173
0
BERBAGI

AMBON,POROSMALUKU.com – Menyikapi maraknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Threesje Tory, Senin (28/3) akhirnya mengajak masyarakat Kota Ambon untuk bisa menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Menurut dia, kondisi cuaca yang tidak menentu menyebabkan penyebaran penyakit DBD di lingkungan masyarakat, sehingga PHBS cara terbaik untuk menghindari BDB.

“Cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini dapat menyebabkan, berkembangnya virus DBD, makanya penerapan pola hidup bersih dan sehat merupakan salah satu cara menghindaro penyakit tersebut,”katanya di Balai Kota Ambon.

Dia mengatakan, saat ini ada lima temua kasus DBD yang terjadi di Kota Ambon, dimana ada salah satu warga yang bermukim di Dusun Kayu Putih, Negeri Soya, Kecamatan Sirimau yang meninggal akibat, DBD.

“Ada balita di Negeri Soya yang meninggal akibat DBD, makanya kita lakukan vogging, karena ada beberapa anak yang mengalami panas,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, kasus DBD tidak membuat Dinas Kesehatan Kota Ambon untuk melakukan vogging, karena vogging bukan merupakan salah satu cara menyelesaikan masalah penyakit DBD, sehingga PHBS harus dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi penyakit tersebut.

“Siapapun masyarakat berpotensi untuk terserang DBD makanya, PHBS dan menutup, menguras, menimbun (3M) ditambah kelambunisasi dan lotion anti nyamuk, dapat dilakukan oleh masyarakat di Kota Ambon,” terangnya.

Dia mengakui, pihaknya selalu menghimbau masyarakat di Kota Ambon agar, senantiasa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, karena lingkungan kotor menjadi pemicu mewabahnya DBD.

“Kalau hidup dengan lingkungan yang kotor otomatis akan memicu penyakit DBD,” tandasnya. RELL

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY