Desa Batu Merah Jadi Desa Sadar JSK

Desa Batu Merah Jadi Desa Sadar JSK

2
0
SHARE
Desa Batu Merah Jadi Desa Sadar JSK

AMBON,POROSMALUKU.COM ; Batu Merah merupakan salah satu desa yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi, serta masyarakat yang heterogen terutama untuk sector lapangan kerjanya,untuk itu Desa Batu Merah di jadikan Desa sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (JSK),yang dicanangkan langsung oleh Walikota Ambon,Richart Lohenapesy dan yang di gagas oleh
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan selaku Badan Penyelenggara,Rabu (11/10/2017)

Lohenapessy mengatakan BPJS Ketenagakerjaan bermaksud mengajak masyarakat pekerja yang berdomisili di Batu Merah untuk menjadi peserta Desa Sadar Jaminan Sosial merupakan salah satu inisiatif yang muncul dari Gerakan Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, warga Negara Indonesia 60 % adalah sebagai penduduk desa, dimana penduduk desa notabene banyak yang berprofesi di sector informal, dan pelaku-pelaku ekonomi di pedesaan didominasi oleh pekerja mandiri.

Dari sini timbul rasa kepedulian BPJS Ketenagakerjaan untuk mengenalkan sekaligus memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap setiap pekerja, baik perlindungan resiko Kecelakaan Kerja, Kematian, dan juga Hari Tua.

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Maluku sampai dengan bulan September 2017 telah mengakuisisi 29.245 tenaga kerja untuk sector Penerima Upah, kepesertaan ini meningkat drastis dari bulan sebelumnya dikarenakan adanya pendaftaran dari peserta Non-ASN dimana pegawai di bidang pemerintahan yang belum terangkat PNS didaftarkan program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan. Akan tetapi di lapangan masih banyak pekerja yang belum terlindungi karena kurang kesadaran pemberi kerja untuk melaporkan tenaga kerjanya ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan,ujarnya.

Selain itu BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan September 2017 telah menyalurkan klaim sebesar Rp 21.161.212.954 terbesar adalah klaim Jaminan Hari Tua (JHT), yaitu berupa Jaminan yang diberikan apabila peserta tidak lagi bekerja atau telah mencapai usia pension. Disusul klaim Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). (PM-02)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY