Dari Musrenbang, Maluku-Malut Jalin Sejumlah Kerjasama

Dari Musrenbang, Maluku-Malut Jalin Sejumlah Kerjasama

54
0
BERBAGI

Ambon, Porosmaluku,com – Dua provinsi kakak beradik, Maluku dan Maluku Utara (Malut) dipastikan membuat sejumlah kerjasama, lewat Musyawarah Rencana Pengembangan (Musrenbang) yang digelar bersama di atas KM. Dorolonda, yang bertolak dari Pelabuhan Yos Soedarso Ambon, Kamis (6/4/2017).

“Saya sudah dapat laporan dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Maluku, akan dijalin kerjasama di bidang transportasi, pariwisata, dan pertambangan,” ujar Gubernur Maluku Said Assagaff, sesaat sebelum membuka Musrenbang Bersama Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara tahun 2017.

Menurut Assagaff, kerjasama bidang transportasi tersebut yakni terkait lintasan penyeberangan feri dari Wahai di Maluku ke Pulau Obi, Teluk Bara dan Sanana di Malut. Dan yang kedua jalur penerbangan dari Darwin (Australia) ke Saumlaki dan Ambon di Maluku, dilanjutkan ke Ternate dan Morotai di Malut.

Dia menyebut, maskapai penerbangan Garuda sudah siapkan armadanya. Tinggal soal Bea Cukai, Karantina dan Imigrasi saja. Sebab akan ada urusan dengan warga negara asing.

Assagaff katakan, kerjasama seperti ini sangat penting untuk dibahas dalam Musrembang.

“Selain di bidang transportasi, Maluku dan Malut juga akan menjalin kerjasama di sektor pariwisata dan sektor pertambangan. Kita tahu di Malut sudah ada smelter, jika bahan baku kurang di Malut, kita bisa kirim bahan baku kesana,” ujarnya.

Sementara itu Assagaff juga menegaskan akan mencopot jabatan Kepala Dinas, Kepala Biro, Badan serta Kepala Perencanaan di setiap SKPD pada Pemprov Maluku, yang tidak ikut Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tahun 2017 ini.

Dirinya telah memintah Sekertaris Daerah (Sekda) Maluku Hamin Bin Thahir untuk tidak mentolerir pejabat yang tidak mengikuti Musrembang.

“Untuk Maluku, pejabat yang tidak hadir Musrembang, saya akan ganti,” tegasnya.

Pembukaan Musrenbang sendiri, ditandai pemukulan tifa secara bersama oleh Gubernur Maluku Said Assagaff, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo. Ikut hadir Bupati/Walikota, pimpinan dan anggota DPRD. Pejabat Eselon II (Kepala-Kepala Dinas), Kepala Biro serta Kepala-Kepala Seksi dalam lingkup Maluku dan Malut. (PM-05)

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY