Dana Hibah Pemprov Maluku 2015 Telan 5 M

Dana Hibah Pemprov Maluku 2015 Telan 5 M

130
0
BERBAGI

AMBON,POROSMALUKU.com – Cukup mengejutkan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Maluku, Zulkifly Anwar dengan entengnya mengatakan dana hibah yang bersumber dari APBD untuk membiayaai lembaga sosial, agama, ormas, OKP dan Organisasi Parpol mencapai Rp. 5 milyar pada tahun 2015.

“Dana yang diberikan bervariasai mulai dari puluhan hingga ratusan juta, sesuai proposal yang dimasukan,”ujar Anwar, Rabu (16/3).

Dikatakan, yang disayangkan dari pemberian dana hibah Rp. 5 milyar, organisasi baik itu Ormas, OKP, atau organisasi politik, sampai saat ini belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut untuk diaudit BPK.

“Beberapa waktu lalu kita telah melayangkan 200 surat edaran kepada organisasi baik itu Ormas, OKP yang sampai saat ini belum mempertanggungjawabkan penggunaan dana yang diterima, yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota,”ucapnya.

Dijelaskan, ada beberapa factor yang menjadi kendala dalam pertanggungjawaban dana hibah tersebut, salah satunya jarak tempuh seperti Kabupaten MBD, Kepualaun Aru, dan MTB yang membutuhkan waktu tempuh cukup lama, sehingga membuat organisasi malas untuk kembali mempertanggungjawabkan anggaran tersebut.

Menurut Anwar, dia berupaya mengantisipasi jangan sampai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Maluku menanyakan hal ini sebelum dilakukan audit pada 1 April mendatang.

Untuk itu surat edaran yang telah diberikan beberapa waktu lalu, menjadi teguran bagi organisasi untuk segera mempertanggungjawabkan dana hibah yang telah diambil. RELL

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY