Bupati Sebut Miras Akar Bentrok di Malteng

Bupati Sebut Miras Akar Bentrok di Malteng

178
0
BERBAGI

AMBON,Porosmaluku.com – Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Abua Tuasikal kian menyebut Minuman Keras (Miras) penyebab akar masalah berupa bentrok antar kampung di wilayah administrasi Kabupaten bertajuk Pamahanunusa itu.

“Selama ini banyak sekali persoalan yang terjadi di kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang diakibatkan dari ketidaksadarkan dari konsumsi miras,”ujar Abua kepada wartawan.

Dia mengatakan akibat konsumsi miras yang berlebihan mengakibatkan bentrok antar pemuda yang terjadi sana-sini, bahkan juga terjadi dalam bentrokan antar kampung yanh diperani oleh para pemuda.

Kendati demikian, Tuasikal yang merupakan bakal calon bupati Malteng itu mengakui hingga saat ini, pemerintah daerah belum mengatur sebuah regulasi terkait dengan Peraturan Daerah Minuman Keras.

“Selama ini belum ada Perda yang mengatur tentang Miras, ini merupakan keterlambatan kami di tingkat eksekutif,”katanya.

Kendati belum punya perda, namun saat ini Pemerintah sudah mensiasati dengan menerbitkan perda ketertiban umum yang mengatur semua negeri dengan tindaklanjut hingga ketingkat negeri.

“Meskipun belum memiliki perda miras, namun saat ini kita sudah punya perda tentang ketertiban umum yang didalam mengatur soal miras dan didalamnya terdapat sanksi sosial sehingga tidak lagi berdampak tindak kriminal,”tandasnya. RELL/ELO

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY