BPMPD Gandeng BI Gelar FGD

BPMPD Gandeng BI Gelar FGD

5
0
BERBAGI

AMBON,POROSMALUKU.COM ; Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) gandeng Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tujuan untuk memetakan permasalahan Dana Desa yang ada di Maluku. ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, Bambang Pramasudi kepada Wartawan di Aula BI Ambon, Rabu (18/4/2018).

Menurut Pramasudi, FGD sangat penting agar dapat membantu BI untuk mengevaluasi penyaluran dan penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2017 , mengindetifikasi permasalahan dan juga ingni mengetahui prioritas penggunaan DD di sektor-sektor mana-mana saja serta dapat melihat dampak ekonominya terhadap desa seperti apa, Dalam FGD ,BPMD ,Dirjen Perbendaharaan dan perwakilan 20 Raja /Kepala Desa yang masing-masing 10 Raja/Kades dari Kota Ambon dan 10 Raja/Kades dari Kabupaten Maluku Tengah selain memetakan DD di temukan juga permasalahan yang menghambat penyaluran Dana Desa diakibatkan oleh terlambatnya pengajuan APBDes oleh desa yang ada di Maluku ujarnya.
Dikatakan berdasarkan hasil FGD yang dilakukan,

“Tapi dari diskusi tadi memang masih ada permasalahan keterlambatan dari pengajuan APBDesnya sehingga dampaknya adanya keterlambatan dalam realisasi DD. nah ini yang kita coba carikan solusinya supaya kedepan hal-hal seperti ini tidak terulang,” tambahnya.
Menurutnya sudah ada masukan dan direkap dan akan disampaikan ke pemerintah provinsi melalui BPMPD dan juga akan diteruskan melalui level kami yaitu BI pusat. BI pusat akan merekap di seluruh provinsi untuk memberikan masukan ke pemerintah khusunya pada kementrian keuangan,” terangnya.

Di lokasi yang sama Kepala BPMPD Maluku, Rusdi Ambon mengucapkan Terima kasih kepada BI yang telah melaksanakan FGD yang melibatkan 20 Raja/Kades untuk melakukan uji sampel Dan 20 desa tersebut yakni 10 dari Kota Ambon dan 10 lainnya dari maluku Tengah.

“Sesuai dengan yang dilaksanakan oleh BI adalah uji sampel 20 desa makanya kita ambil yang terdekat yakni 10 dari kota Ambon dan 10 dari Maluku Tengah. untuk mengisi potret program penanggulangan kemiskinan salah satunya penyaluran DD,ungkapnya (PM-02).

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY