BI Maluku Siap Edarkan 40 Milyar Uang Emisi

BI Maluku Siap Edarkan 40 Milyar Uang Emisi

63
0
SHARE

Ambon, Porosmaluku,com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI)  Provinsi Maluku  telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 40 miliyar uang emisi tahun 2016 untuk diedarkan ke masyarakat Maluku.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor BI Perwakilan Maluku Bambang Pramasudi kepada wartawan di Ambon, Senin (28/2/2017).

Menurut Pramasudi, saat ini peredaran uang emisi 2016 memang masih terbatas di masyarakat, yang baru beredar atau berada ditangan masyarakat hanya sebanyak Rp 5 milyar.

“Rp 40 miliyar yang akan diedarkan ini terdiri dari pecahan uang kertas Seratus ribu (Rp.100.00) sampai dengan Uang kertas seribu (Rp. 1000) serta uang logam pecahan Rp 1000-Rp. 100,” urai Pramusadi.

Dirinya menjelaskan, keterbatasan peredaran uang emisi 2016 ini disebabkan karena Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) membutuhkan waktu untuk melakukan pencetakan sebab percetakan ini harus mencetak seluruh pecahan uang baik itu kertas maupun logam.

Saat ini Perum Peruri sementara fokus untuk mencetak uang edisi baru sehingga uang edisi lama beredar dengan stok yang ada. Sebab dari tahun ke tahun uang edisi yang lama akan ditarik dari peredaran di masyarakat.

Untuk Provinsi Maluku, BI selalu melakukan sosialisasi bahkan hingga ke daerah-daerah terpencil.

“Kita terus lakukan sosialisasi, dan hampir semua element masyarakat kami libatkan agar mereka bisa ketahui sudah ada uang edisi baru. Kedepan kita juga akan fokus ke daerah-daerah terpencil di Provinsi Maluku,” janjinya.

Ia menambahkan, penukaran uang emisi 2016 serta sosialisasi dilakukan setiap kali BI melaksanakan kas keliling, bahkan hampir disemua daerah dikunjungi dilakukan kegiatan yang sama. (PM-05)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY