BI Gandeng BPD Maluku dan Malut Sukseskan Program BI Jangkau

BI Gandeng BPD Maluku dan Malut Sukseskan Program BI Jangkau

0
0
BERBAGI

AMBON,POROSMALUKU.COM: Guna menyukseskan program Bank Indonesia (BI) Menjangkau Kecamatan/Desa (BI Jangkau) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku bekerjasama dengan PT BPD Maluku dan Maluku Utara sebagai Bank Penyalur Uang Rupiah.

Penandatanganan perjanjian kerjasama yang ditandatangani Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku, Bambang Pramasudi dan Direktur Umum PT. BPD Bank Maluku dan Malut, Burhan Waliulu yang berlangsung di Kantor Perwakilan BI Maluku, Senin (30/04).

Pramasudi disela-sela acara penandatanganan, mengatakan, BI Jangkau adalah program perluasan jangkauan layanan kas BI kepada masyarakat sampai ke tingkat Kecamatan dan Desa melalui jaringan kantor perbankan ataupun pihak lain yang ditunjuk BI dalam rangka peningkatan kualitas Uang Rupiah.

Menurutnya, di tahun 2017 kemarin BI telah menetapkan 8 Provinsi sebagai pilot project, pada tahun ini ditetapkan 4 Provinsi sebagai pilot project dimana salah satunya adalah Provinsi Maluku.

“BI Jangkau bertujuan meningkatkan perluasan jangkauan distribusi uang dan layanan kas BI hingga mencampai area desa yang selama ini sulit mendapatkan uang dengan kualitas yang baik,” jelas Pramasudi.

Untuk lokasi Pilot Project 2018, telah ditetapkan beberapa wilayah diantaranya, untuk Maluku Tengah meliputi Kecamatan Wahai dan Kecamatan Kobisonta, Sementara untuk Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) di Kecamatan Bula dan Kecamatan Geser.

BPD Maluku dan Malut sendiri berfungsi sebagai koordinator distribusi uang bagi bank atau lembaga lainnya untuk mengedarkan uang layang Edar dan menarik uang Tidak layak Edar dari masyarakat.

Dia menambahkan, kedepannya tidak menutup kemungkinan akan dilakukan perluasan titik distribusi uang baik melalui Program Kas Titipan maupun Program BI Jangkau ke wilayah lainnya di Provinsi . (PM-02)

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY