Berkas Tersangka Teros ISIS Dilimpahkan ke PN Ambon

Berkas Tersangka Teros ISIS Dilimpahkan ke PN Ambon

62
0
SHARE

Ambon, Porosmaluku,com – Berkas Wirasman Rukua tersangka dalam berbagai aksi teror Bom yang menggunakan nama Islamic State in Iraq and Syria (ISIS) ke sejumlah bank di Kota Ambon beberapa waktu lalu, telah dilimpahkan ke pengadilan Negeri (PN) Ambon.

“Berkas tersangka teror ISIS telah kita limpahkan ke PN Ambon sejak Senin (10/4/2017) kemarin,” kata Kasi Pidum Kejari Ambon, Syahrul Anwar, kepada watawan, di Ambon, Rabu (12/4/2017).

Menurut Anwar, dengan dilimpahkannya berkas tersebut, pihak PN Ambon secepatnya dapat menetapkan jadwal sidang bersama dengan majelis hakimnya, agar perkara ini bisa segera disidangkan.

“Kami berharap agar pihak pengadilan bisa secepatnya menetapkan jadwal sidang bersama dengan majelis hakimnya, agar perkara ini bisa segera disidangkan,” pintanya.

Sebelumnya diberitakan, Wirasman Rukua dijerat pasal berlapis. Lelaki 33 tahun ini diciduk Densus 88 Anti Teror Polda Maluku, 25 Desember 2016 di rumahnya Desa Nania, Kecamatan Baguala Kota Ambon, pukul 16.00 WIT.

“Pelaku sudah ditangkap dan ditahan, yang bersangkutan dijerat dengan pasal 6 UU Nomor 15 tahun 2003 tentang pemberantasan teroris­me dan atau pasal 368 KUHP atau pasal 35 KUHP,” kata Kabid Humas Polda Maluku, AKBP A.R Tatuh kepada wartawan di ruang kerjanya 26 Desember 2016.

Ancaman hukuman pasal 6 UU Nomor 15 tahun 2013  adalah pidana mati atau penjara seumur hidup, atau paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun. Sedangkan pasal 368 KUHP maksimal 9 tahun penjara.

Wirasman berhasil ditangkap berdasarkan pengembangan penyidikan yang dilakukan kepolisian.

“Penangkapan oleh tim gabungan Densus 88 dan anggota Polda Maluku berdasarkan pengembangan. Tersangka mengirimkan surat permintaan uang kepada  sejumlah bank di Ambon dengan alasan uang tersebut untuk membantu perjuangan ISIS di Suriah,” jelas Tatuh. (PM-05)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY