Awal Mei KIA di Cetak

Awal Mei KIA di Cetak

3
0
SHARE
Awal Mei KIA di Cetak

AMBON,POROSMALUKU.COM ; Kartu Identitas Anak (KIA)telah di Launching oleh Walikota Ambon di Maluku City Mall (MCM) pada taggal 6 Maret 2018 lalu namun hingga kini Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon masih terkendala untuk mencetak KIA tersebut karena masih Menunggu Printer dan tinta khusus agar bisa mencetak KIA,paling lambat awal Mei KIA di cetak ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, Selly Haurissa di Ruang kerjanya , Senin (9/04).

Disdukcapil akan fokus cetak KIA bagi usia sekolah dari anak usia PAUD, TK dan SD, SMP dan SMA,dan bagi anak yang sudah masuk di daftar keluarga yang sudah mempunyai NIK dan telah memiliki akte kelahiran langsung diterbitkan KIA, Selly juga mengatakan sejauh ini untuk KIA sendiri sudah terampung sebanyak 83,6 persen. “Kita sudah rampung sebnayak 83,6 persen, jadi kurang sedikit saja kita sudah masuk 85 persen,” jelas Haurissa Selain itu, Disdukcapil mempunyai hubungan kerja sama dengan Instansi yang lainnya seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Lanjutnya, KIA memiliki fungsi seperti dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta dapat digunakan untuk keperluan yang membutuhkan keterangan Anak tersebut. “Dia mau buka rekening dan mengurus hal-hal lain , dia tidak perlu lagi ambil keterangan di sekolah karena sudah punya KIA masa berlaku selama lima tahun karena pasti beupa wajahnya dari kecil dan tambah besar,” ucap Haurissa.

Dia menambahkan, kepada bayi baru lahir dan belum memiliki NIK harus di daftarkan terlebih, karena semuanya berawal dari KK. “Bagi bayi yang baru lahir kan belum memiliki NIK untuk itu harus didaftar dulu karena dasarnya semuanya dari KK,” Baru beberapa Sekolah yang kami telah mensosialisasi KIA, dan kami akan terus mensosialisasi ke seluruh sekolah yang di Kota ambon,ungapnya (PM-02)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY