Amien Rais : Politik Berperan Dalam Mengedepankan Kedaulatan dan Keadilan

Amien Rais : Politik Berperan Dalam Mengedepankan Kedaulatan dan Keadilan

45
0
BERBAGI

Ambon, Porosmaluku, com – Amien Rais yang merupakan Mantan Ketua MPR, mengatakan bahwa dalam mengedepankan kedaulatan dan keadilan di Indonesia dibutuhkan peran politik. Namun, jika peran politik tersebut disalah gunakan maka hanya akan membawa kemudaratan daripada kemaslahatannya.

“Untuk menyeimbangkan politik dalam mewujudkan kedaulatan dan keadilan sosial, maka politik harus didudukan sesuai dengan porsinya,” kata Amien Rais, dalam Seminar Tanwir Muhammadiyah yang berlangsung di Islamic Center Ambon, Sabtu ( 25/2/2017).

Amien Rais, yang juga merupakan mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 1995-2000 tersebut melihat bahwa peran Muhammadiyah dalam politik harus lebih ditingkatkan.

“Jangan sampai Muhammadiyah lepas dari politik, yang dapat mengancam gerak dakwah Muhammadiyah nantinya,” terang Amien.

Dirinya berpesan agar Muhammadiyah tidak hanya memiliki keinginan untuk berkuasa dalam politik, namun juga harus memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjalankan peran politik tersebut.

“Jangan haus akan kekuasaan politik semata, karena dalam politik tanggung jawab yang besar lebih diutamakan,” jelas Amien.

Menurutnya untuk menyikapi keadilan sosial di Indonesia, persebaran kekuasaan dan kekayaan di Indonesia saat ini masih belum merata.

“Bagaimana keadilan sosial dapat terwujud, jika yang menguasai hanya sebagian orang saja,” tegas Amien.

Kedaulatan dan keadilan sosial akan terwujud jika penyebarannya merata, dan tidak terjadi pertimpangan, baik dalam hal ekonomi, maupun juga politik. (PM-05)

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY