Ambon Kembali Rebut Tropi Adipura

Ambon Kembali Rebut Tropi Adipura

11
0
BERBAGI
Ambon Kembali Rebut Tropi Adipura

AMBON,POROSMALUKU.COM ; Kota Ambon kembali rebut Tropi Adipura tahun 2017 telah berhasil mempertahankan predikat sebagai kota bersih. Buktinya, Kota Ambon kembali dianugerahi trophy Adipura, seperti yang diraih tahun lalu, ungkap kata Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru di Ambon, Selasa, (01/08/2017).

“Tahun ini atas kerja sama seluruh warga kota kita kembali meraih tropi Adipura 2017, setelah 2016 kita menerima tropi Adipura buana,” Tropi Adipura akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Jakarta pada 2 Agustus 2017 bertepatan dengan peringatan hari Lingkungan Hidup.

“Kita bersyukur mendapat apresiasi Adipura dari pemerintah pusat secara berturut-turut, yang dimulai tahun 2012 mendapat sertifikat, 2013 dan 2014 menerima piala serta 2015 menerima penghargaan, plakat dan sertifikat, 2016 meraih tropi dan tahun ini kembali mendapatkan tropi,” katanya.

Ia mengatakan, penilaian Adipura sejak 2015 dilakukan dalam dua tahapan yakni fisik meliputi rumah sakit, pemukiman, sekolah, pasar, terminal, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan sungai, serta penilaian non fisik berupa presentasi. Penilaian dilakukan sejak 2015, dengan tahapan seleksi berupa tinjauan langsung, presentasi, verifikasi dan penentuan kota yang akan menerima.

“Wali Kota Ambon juga telah menyampaikan presentasi sebagai syarat. Kita berharap hasil yang kita peroleh tahun ini lebih baik dari tahun kemarin, mengingat tahun ini salah satu faktor penentu adalah pengelolaan TPS serta partisipasi masyarakat, ” ujarnya.

Latuheru menjelaskan, setelah penyerahan tropi selanjutnya Wali Kota Ambon bersama rombongan kembali ke kota Ambon dan akan dilakukan proses arak-arakan tropi dari bandara menuju pusat kota Ambon.

“Sesuai rencana tropi adipura akan diarak mengelilingi kota Ambon sebelum dilakukan proses syukuran bersama dengan warga kota dan petugas kebersihan yang akan dipusatkan di kawasan Air Salobar ,” tandasnya. (PM-02)

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY