5 Kali Besar di Ambon Jadi Sorotan DPRD Maluku

5 Kali Besar di Ambon Jadi Sorotan DPRD Maluku

148
0
SHARE

AMBON,Porosmaluku,com –¬†Sedikitnya Lima kali besar yang ada di Kota Ambon kian mencemaskan masyarakat. Hal ini mengngat kondisi hujan yang turun dengan intensitas tinggi membuat ratusan warga yang tinggal di daerah bantaran sungai menjadi waspada bahkan ada yang telah memilih mengungsi meninggalkan lokasi kediamannya.

Anggota Komisi C DPRD Maluku, Lucky Wattimury dalam rapat bersama mitra terkait membeberkan data tersebut. Hal ini disampaikan menyusul statemen Dinas PU yang seakan-akan tidak sigap menangani masalah bencana berupa banjir, longsor dan lainnya yang terjadi di Maluku.

Lucky Wattimury dalam rapat tersebut menjelaskan lima sungai yang berada di pusat kota ini kian menghawatirkan warga lantaran badan sungai sudah berada pada posisi rusak dan tidak dapat menahan air sungai yang mengalir ke hilirnya.

“Sekarang ini ada lima sungai yang mengkhawatirkan masyarakat Kota Ambon, akibatnya warga memilih mengungsi akibat pekerjaan yang tidak benar oleh instansi teknis di daerah ini,”ujar Wattimury, Selasa (2/8).

Dia menjelaskan, kerusakan lima sungai yang berada di Kota Ambon diantaranya Kali Waihoka yang kin berada dalam kondisi rusak parah dengan seluruh talud yang ada dalam keadaan retak bahkan patah. Selain itu, Kali batugajah yang berlokasi di depan kompleks PLN juga rusak sehingga dikhawatirkan akan menjadi masalah besar seperti tahun 2013 silam.

Bahkan, 1 rumah yang dihuni seorang janda di Kelurahan Benteng juga sempat menjadi sorotan aleg PDIP ini. Pasalnya posisi rumah tersebut berada pada posisi tergantung akibat longsoran dan banjir yang menghantam rumah tersebut. Wattimury mengkhawatirkan masih banyak lokasi rumah warga yang belum terdata, sehingga dirinya meminta agar pemerintah segera mengambil langkah sigap. (RELL)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY